facebook

Selasa, 09 November 2010

Istilah Dalam Fan-Fiction

Fanfiction/ FanFic /FF (fiksi fans) sepengetahuan yang saya peroleh dari berbagai sumber adalah suatu karya dari fans untuk fandom yang disukainya. Dari sekian banyak Fanfic yang pernah saya baca, tidak ada pembatasan atau larangan memanipulasi suatu keadaan, character, bahkan pembunuhan characteristik tokoh itu sendiri. Intinya dalam ber-fanfic itu bebas, hak penuh berada pada author, karena INGAT ini hanya FIKSI ! !


Sedikit tambahan dari sudut pandang saya. Banyak kalangan yang tidak menyukai fanfic merupakan fakta, dimana semua itu diakibatkan beberapa alasan seperti, perusakan karakter, penistaan tokoh idola, ato pairing yang tidak normal alias yaoi dan yuri. Terlepas dari itu semua, fanfic tidaklah lebih dari karya tulis liar dari para fans. Tak semua berbau penistaan atau homoseksual. Ada pula yang wajar-wajar saja. Kita sebagai para Author layaknya seorang sutradara yang memilih dan mencocokan para aktor/tris menjadi tokoh yang sesuai dengan karakter yang kita tulis. Terkadang tokoh yang tidak cocok dengan karakteristiknya malah membawa hasil karya yang kurang bagus.


Bentuk cerita bisa berupa canon, fanon, AU, OOC dan sebagainya seperti pada kamus istilah FF di bawah berikut:




A
Action Atau juga adventure adalah FF yang berisi kisah petualangan tokohnya, dengan kemungkinan adegan perkelahian/pertempuran 

Actor Fic  FF yang berisikan cerita tentang aktor/aktrisnya. disebut Real Person Fic 

Adult  FF yang berisi adegan yang tidak sesuai untuk anak-anak (tidak melulu berkaitan dengan s*x, melainkan juga kekerasan, kata-kata kotor, dan pemakaian narkoba) 

Alternate Universe Situasi yang berbeda dengan yang dibangun dalam canon-nya. Misalnya, bagaimana seandainya Mary tidak meninggal ? Bagaimana jika John tidak meninggal?


Angst  merujuk ke fisik atau, terutama, penyiksaan karakter secara emosional. Cerita yang bersuasana menyedihkan. 



Archive  Arsip, kumpulan fanfic

Anti-fic FF yang bertujuan menyerang atau melecehkan suatu buku, film, game, dsb. FF ini memusatkan sepenuhnya ke arah pembunuhan tokoh utamanya. Kadang disebut juga Deathfic, Revengefic, Slasherfic


AU Alternate Universe – merujuk kepada sebuah cerita yang ada (yang seringkali besar) plot, pengaturan, atau karakter deviasi dari canon yang telah dipublikasikan. Kadang-kadang disebut sebagai alternatif Paralel realitas atau kenyataan. 

Authorfic FF di mana si penulis ikut serta ambil bagian dalam cerita



B
Badfic  Fic yang dikategorikan buruk, baik dari ejaan, plot, tata bahasa, karakterisasi, dll. ‘Fic alay’ mungkin kalau kata rekan-rekan di FFn sih 

Bard Penulis FF Bard arti sebetulnya ialah ‘tukang cerita’ 

(nama tokoh)-bashing  satu tokoh yang dijadikan bulan-bulanan, disiksa, atau dilecehkan habis-habisan, karena penulisnya benci sekali pada tokoh itu. Misalnya, Bella-bashing, atau Ruby-bashing.

Bestiality Fanfic yang berisi tentang hubungan seksual antara manusia dan binatang. Kebanyakan cerita bestiality bercerita tentang manusia yang berubah menjadi binatang tetapi tetap mempunyai pikiran dan hati manusia.

Beta reader Pembaca suatu FF yang menganalisis kelemahan dan keunggulan FF tersebut 

Beta version FF versi sementara, belum dianalisis kelemahan maupun keunggulannya 

Breaking the Fourth Wall Bagian di mana tokoh dalam cerita berbicara langsung dengan pembacanya


C
Convention Pertemuan fans dengan bermacam kegiatan, kadang malah berhasil mendatangkan bintangnya

Corporal Punishment  Hukuman jasmaniah, berkenaan dengan fisik

Crackfic  asalnya dari pertanyaan ‘what kind of crack was the fanfic authors smoking when they wrote this?’ ‘Crack’ itu bahasa slang untuk kokain. Suatu cara kreatif untuk menyatakan bahwa fic itu benar-benar tak dapat dipercaya: plot diputar balik, pairing antara tokoh yang aneh, timeline diacak-acak. Kalau dalam bahasa kita mungkin ‘lo lagi mabok waktu nulis ini?‘ 

Canon karya asli atau resmi yang mendasari semua fan fiction. Semua karakter, peristiwa, jalan cerita, dan sebagainya yang terjadi atau terdapat dalam sumber materi resmi, dapat dibuktikan merupakan aspek asli dari karya orisinal berupa buku, serial teve, film, dsb. atau karakter di dalamnya, dan diketahui secara luas oleh orang yang menikmati karya asli.

Perdebatan dalam menentukan mana canon dan mana yang bukan dapat terjadi bila suatu karya diciptakan banyak penulis sehingga menimbulkan unsur dalam materi asli yang bertolak belakang. Kemudian, penjelasan dari pencipta karya asli di media lain (blog, wawancara, dsb.) juga sering dianggap canon.

Crackfic Fanfic yang dimana didalamnya hal yang sangat menggelikan/lucu, tidak masuk akal, atau tidak dapat dijelaskan terjadi. Ditulis oleh penulis yang urat malunya sudah putus tidak tahu malu dengan tujuan untuk bersenang-senang. Terkadang berupa PWP’s tetapi tidak NC17.

Crossover: merujuk kepada cerita yang berisi karakter, lokasi, pengaturan atau lebih dari satu fandom berhimpit. Crossover dapat terdiri dari campuran dari fandom lengkap atau hanya sedikit sambungan. 

Cartwright Syndrome Kecenderungan untuk membuat cerita di mana tokoh wanita (OC maupun canon) jatuh cinta mati-matian pada tokoh utama prianya, kemudian meninggal (biasanya karena menyelamatkan si tokoh pria)

Challenge Tantangan, biasanya bila seorang mengeluarkan pernyataan “kira-kira ada nggak ya yang bisa membuat FF dengan topik ..”. FF yang dibuat untuk menjawab tantangan itu dinamakan Challengefic 

Citrus, Lemon, Lime Istilah lain untuk FF yang berisikan adegan s*x. Lemon diartikan adegan s*X yang eksplisit, sementara Lime tidak se-eksplisit itu.

Cookie FF yang singkat, atau ringkasan dari FF panjang, yang bila dibaca bisa merupakan FF tersendiri. 

Copyright Hak hukum (dalam hal ini) seorang penulis untuk memperbanyak, menerbitkan, mengedarkan hasil tulisannya. Ia memiliki hak atas tokoh-tokoh ciptaannya, berikut jalinan ceritanya. Penulis FF tidak mempunyai hak hukum atas tokoh-tokoh canon, ia hanya bisa meng-klaim OC-nya dan ide cerita. 

Cross-posting Mengirimkan FF yang sama ke beberapa Board/Milis/Site


D
Darkfic
 FF yang bersuasana menyedihkan, biasanya ada pembunuhan, dan sad-ending 

Deathfic FF dengan pembunuhan tokoh utama. Lihat Antific 

Disclaimer Kalimat yang diletakkan di awal FF yang menyatakan bahwa tokoh dan segala properti dari cerita asli bukan miliknya, dan bahwa FF itu dibuat bukan untuk tujuan komersil 

Divergence Hampir sama dengan Alternate Universe, cerita yang pada mulanya berangkat dari fakta yang sama dengan canon-nya, kemudian pada titik tertentu berbelok memasuki situasi karangan penulisnya yang berbeda dengan canon-nya

Doujinshi Komik yang dibuat oleh penggemar, FF dalam bentuk komik


E
Elseworld Kata lain untuk Alternate Universe

ER = Established Romance cerita dimana karakter fanfic tersebut telah terlibat hubungan cinta yang tidak dapat dipungkiri sebelum cerita dimulai.


F
Fanon fakta yang biasanya tidak disebutkan dalam canon asli, tapi tidak melanggar canon, menjadi populer dan diterima secara luas oleh fans sehingga menjadi semacam canon dalam fandom, dengan kata lain: canon ciptaan fans. Fanon diciptakan oleh seorang fans, yang kemudian secara umum dipinjam, dikopi atau diterima sebagai canon oleh banyak penulis fan fiction lainnya.

Fanon dan canon berbeda, tetapi saling terkait. Fanon sering dianggap sebagai perpanjangan atau penjelasan lebih mendetil dari canon. Salah satu tujuan diciptakannya fanon adalah mengisi kekosongan atau kontradiksi dalam canon, menjawab (atau menanyakan) suatu masalah yang tidak dapat atau tidak mau dibahas dalam canon.

f/f Female to female hubungan sesama jenis, wanita 

Fan Penggemar suatu buku, film, atau game 

Fanact Kegiatan yang dilakukan oleh para penggemar, menulis FF, membuat fanart, mengkritik FF, dll

Fanart  Fan + Art, art yang dikerjakan oleh penggemar, meliputi gambar, foto, video, dan sejenisnya


Fandom  Istilah yang digunakan untuk penggemar yang mengabdikan bagian dari kehidupan mereka untuk mengikuti atau mengagumi orang tertentu, kelompok atau tim. Dalam FF bisa diartikan juga sebagai pemeran yang bermain dalamnya.

Fanfic, Fanfiction (FF) Cerita yang diangkat dari suatu buku, film, atau game tertentu, memakai tokoh dan situasi yang ada dalam karya asli itu, mungkin ditambah dengan tokoh ciptaan si penulis FF sendiri 

Fanficcer Penulis FF

Fanvid singkatan dari fan video. Video buatan fans yang dibuat kombinasi klip aslinya.

Fanservice FF yang dibuat untuk menyenangkan hati fans lain 

Feedback Pendapat para pembaca FF, bisa berupa pujian, kritik membangun, bisa juga flame 

Femmeslash femslash Hubungan sesama jenis, wanita 

Ficlet FF yang sangat pendek 

Fidge Istilah untuk FF yang sangat menarik, hingga “enak untuk dimakan” 

Filk Fanfiction dalam bentuk lagu, biasanya liriknya dimasukkan dalam irama lagu yang sudah ada. Bedakan dengan Songfic!

First Draft Bentuk tulisan pertama, belum diapa-apain, belum diedit, di-beta, masih asli 

Ficathon  Fic + marathon, fic yang dikerjakan khusus dipersembahkan untuk seseorang, dan sebagai balasan penulis mendapat fic juga dari orang yang dituju

Filk Filk itu lirik sebuah lagu yang isinya diganti dengan fanfiction, dalam bentuk lagu, biasanya liriknya dimasukkan dalam irama lagu yang sudah ada

First Time Fic dimana karakter terlibat sebuah hubungan pada saat cerita itu dimulai. Lawan dari ER.


Future (-fic)
 Fic yang timeline-nya di masa datang, biasanya diisi dengan generasi kedua dari tokoh cerita

Flame Flame-war “Perang” ucapan menghina antar penulis 

Fluff FF pendek, tanpa makna, namun manis dan happy ending 

Fluff-O-Meter Pengukur kadar ‘romantisme’ dalam suatu FF, 

Fuxing Memberi tanggapan atas suatu FF namun isinya tidak benar-benar seperti yang dimaksud, karena tidak ingin menyakiti hati si penulis, atau tidak ingin memulai suatu flame-war


G
Gary Stu
 Wujud pria dari Mary Sue, tokoh original (OC) yang mendominasi FF 

Genre Gaya, aliran, dalam penulisan. Biasanya digolongkan dalam : roman, misteri, action, humor, dll 

Gen  Kependekan dari General, genre cerita yang tidak dimasukkan dalam genre lain seperti roman, angst, humor, dll

Genderswitch (-bender, atau –flip) : Pertukaran jenis kelamin. Misalnya karakter yang aslinya berjenis kelamin pria berubah menjadi wanita dan sebaliknya.

Gore FF yang penuh dengan darah, pembunuhan, dan hal-hal lain semacamnya

Grapefruit FF yang secara eksplisit memaparkan adegan seksual terutama perkosaan

Gueststar Hampir seperti Crossover, namun hanya satu tokoh dari cerita asli lain yang ditampilkan. Misal: Frodo dari LOTR, dan tidak ada tokoh LOTR lainnya.


H
Het Het fic Singkatan dari Heteroseksual, FF yang menampilkan hubungan yang ‘biasa’ yaitu antara dua manusia lawan jenis, kebalikan dari slash fic

HGTG Hero Gets The Girl, tokoh utama pria harus ‘jadian’ dengan tokoh utama wanita.

HHJJ = Happy Happy Joy Joy Fic yang tidak ada Angst sama sekali, atau endingnya berupa Happy Ending selamanya.

Humour fic yang berisi cerita lucu dan kuat dengan unsur humor.


I
IC In Character Berarti bahwa penggambaran tokoh persis seperti dalam cerita aslinya 

Iconoclast Penulis yang menulis tentang tokoh yang kecil perannya dan sering terlupakan dalam cerita aslinya.

Incest hubungan seksual diantara saudara yang sedarah.


K
Kink
 cerita yang didalamnya terdapat elemen yang tidak biasa.

Kitsching Menulis tanggapan positif terhadap FF yang sangat banyak tanggapannya (mungkin istilah pendeknya: ikut-ikutan) agar terlihat seperti menggemari FF itu juga, meski mungkin sebenarnya tidak begitu suka 

Kleenex Warning, Tissue Warning (Kleenex itu sebenarnya merek tissue) Peringatan di awal FF bahwa FF itu akan sangat sedih, sehingga sebaiknya pembaca bersiap dengan tissue di tangan untuk mengusap airmata


L
Love/hate FF yang dimulai dengan kedua tokoh utama saling benci, tapi lama kelamaan jadi saling cinta

LoC = Letter of Comment pesan singkat yang berisi apresiasi dari pembaca yang diberikan untuk penulis


M
m/f hubungan pria dengan wanita 

m/m
 hubungan pria dengan pria 

MST (-ing)  fic yang ditulis dengan gaya film Mistery Science Theater 3000, sebuah fic lain dimasukkan dalam fic kita, lalu dikomentari bagian per-bagiannya. Biasanya dibuat lucu, atau justru jadi kasar karena menertawakan fic pertama.

Marty Sam, Marty Stu Nama lain dari Mary Sue pria, seperti Garry Stu 

Mary Sue karakter wanita orisinal (Original Female Character, OFC) yang merupakan pemuas ego penulis. Mary Sue biasanya digambarkan terlalu sempurna, terlalu ekstrem, cantik, memiliki kekuatan atau keterampilan yang luar biasa, menjalin percintaan karakter asli, memiliki masa lalu tragis, pokoknya yang hebat-hebat, unik dan menarik ada di dia semua. Karakter ini jelas merupakan alter ego si penulis, merupakan versi diri si penulis yang disamarkan atau terlalu diagungkan. 

Pembaca biasanya tidak menyukai kemunculan Mary Sue karena dia mengambil alih keseluruhan fan fiction, bahkan mengecilkan peran pemeran utama. Tidak ada standar spesifik mengenai apa yang mencakup Mary Sue, tapi deskripsinya kira-kira seperti yang di atas. Tidak semua Mary Sue buruk, tapi kebanyakan begitu.

Versi pria dari Mary Sue: Marty-Sam, Harry Sue, Barry Sue, Marty Stu, Gary Stu atau Harry Stu. Tidak ada kesepakatan dalam menyebutnya karena kejadiannya lebih jarang. Kemunculannya lebih banyak dalam slash fic.

MPREG  Kehamilan Laki-laki – merujuk kepada kisah seorang laki-laki dengan karakter mampu hamil atau membawa anak di dalam tubuh mereka sendiri. Mungkin atau tidak termasuk kelahiran juga. Tentunya dianggap AU-ish. Ini harus selalu dicantumkan dalam peringatan penulis.

mild-language  bahasa yang ‘agak’ kasar, tidak terlalu sopan tapi tidak bisa digolongkan ke dalam bahasa kasar. Biasanya hany digolongkan dalam rating PG 13 atau T

Missing Scene FF yang menulis tentang apa yang terjadi di antara dua adegan dalam film atau buku.

Multiple Partners fic tentang tokoh yang memiliki kebih dari dua orang pasangan. Digambarkan dengan f/m/f atau m/f/m, m/m/m, f/f/f

Mundane Sebutan untuk orang yang bukan fan, atau yang tidak tahu apa itu Fanfiction

Muse Personifikasi dari inspirasi penulis, biasanya dilukiskan seperti dewi


N
NC – 17  satu tahap rating, anak 17 tahun dan dibawahnya, tidak boleh menonton film itu, atau membaca fic itu (No One 17 and Under Admitted)

Non-Consensual  warning bahwa fic mengandung adegan perkosaan

Non-Canon FF yang berisikan hal-hal yang bertentangan dengan karya aslinya.

Novel-length FF yang cukup panjang sepanjang novel 


O
OTP, One True Pairing  pairing yang dipercaya oleh seorang penulis sebagai ‘pasangan sejati’-nya. Kadang berupa pairing canon, kadang juga pairing yang bahkan tidak akan mungkin terjadi—karena salah satu tokohnya mati atau sebab lain. Seorang penulis kebanyakan fic-nya akan dipenuhi oleh OTP. Jika seorang penulis mengumumkan suatu pasangan sebagai OTP-nya, selain ia mencari teman dengan OTP yang sama, juga ia siap berdebat dengan penulis lain dengan OTP yang berbeda. Dalam SPN nampaknya tidak akan ada OTP—mungkin kecuali John dan Mary—karena Dean dan Sam nampaknya tidak akan punya pasangan tetap 

OC karakter yang dibuat oleh penulis dari fan fiction, yang bertentangan satu sama sudah ada dalam canon.

OOC singkatan dari Out of Character. Diartikan sebagai karakterisasi yang keluar dari karakter canon.

OFC, OMC Original Female Character: Original Male Character, tokoh-tokoh hasil ciptaan penulis FF .


One-Shoot: Cerita yang tidak terlalu panjang, satu chapter/langsung tamat.

Out  Istilah yang menggambarkan seorang fans yang tidak segan-segan memperlihatkan pada dunia luar kecintaannya pada fandom ini (biarpun orang-orang menganggapnya aneh) Istilah ini mulanya dari frasa “Out of the cupboard”

Outside POV sudut pandang dari tokoh pembantu


P
Pairing Pasangan yang ada dalam cerita


Parody FF dengan penggambaran yang dibuat-buat (agar lucu) dari tokoh maupun situasi dalam canon 

Plagiarism Mengambil karya orang lain, kata perkata, dan mengakuinya sebagai milik sendiri

Plot bunny Ide cerita yang terus menghantui (melompat-lompat) di kepala kita, meski saat itu kita sedang sibuk mengerjakan hal-hal lain, dan tidak menghilang hingga akhirnya dituliskan 

PoV Point of View
, sudut pandang. 

Prefic Prequel FF yang mengisahkan kejadian sebelum kisah aslinya.

Purist Orang yang hanya mau membaca cerita yang sesuai dengan kisah aslinya/canon 

PWP Plot, What Plot? Atau Porn Without Plot, cerita yang nggak jelas juntrungannya, biasanya hanya menggambarkan hubungan seksual, dan biasanya pendek


R
R/R Read and Review pembaca diharapkan memberi masukan. Kalau membaca FF dengan kode ini, diharapkan pembaca tidak pasif, dan berlalu begitu saja setelah membacanya, melainan memberi masukan 

Rating Pemberitahuan pada pembaca, tahap umur mana yang sesuai untuk membaca FF ini. Biasanya didasarkan pada MPAA Rating (Motion Picture Association of America) yang digunakan pada film, atau pada rating yang digunakan FictionPress

Remix pembuatan kembali fanfic yang telah ada

Round Robin FF di mana banyak penulis berpastisipasi menulisnya 

RPG Role Playing Game Berbeda dengan Round Robin di mana yang ditulis FF biasa, dalam RPG setiap penulis berperan menjadi satu atau lebih tokoh cerita.


S
Slash  cerita tentang pasangan homo – baik pria / laki-laki atau perempuan / perempuan.

SI self-insertion. Penulis yang memasukkan dirinya ke dalam cerita. Istilah ini sering diasosiasikan dengan Mary Sue, tapi karakter SI tidak secara eksklusif mencakup karakter yang dilabel sebagai Mary Sue. Pada umumnya orang keliru membedakan antara Mary Sue dan SI.

Ship, shipper Mungkin mulanya dari FF The X-Files, di mana mereka menyebut ‘Mulder-Scully Relationship’ sebagai Ship agar lebih singkat. Kini populer sebagai istilah untuk menyebut suatu hubungan roman

Side Story Kisah sampingan, menuliskan tentang suatu situasi atau tokoh yang tidak begitu diperhatikan dalam cerita aslinya. Lihat Iconoclast

Silly fic FF pendek, ringan, biasanya isinya humor

Slash, slash fic FF yang mengandung hubungan percintaan antara sesama jenis 

Slasherfic FF yang berkecenderungan untuk membunuh tokoh utamanya. Lihat Deathfic, Antific

Smarm penggambaran rasa cinta diantara dua tokoh, terkadang sesame jenis.

Smut FF yang berisi penggambaran adegan seks

Songfic fic yang inspirasinya berasal dari lagu, terkadang dengan arti dari setiap lagu yang dibeberkan dalam cerita

Spew Warning 
Peringatan yang diletakkan di awal FF yang sangat lucu, hingga dikhawatirkan bila seseorang membacanya sambil makan sesuatu, akan tertawa hingga menyemburkan makanan yang sedang dimakannya.

Spoiler Informasi yang berisi apa yang akan terjadi dalam buku/film, orang yang belum membaca/menonton biasanya tidak ingin tahu

Stand Alone cerita yang dapat dibaca tanoa perku membaca cerita lain atau cerita sebelumnya


T
Tabestry Syndrome Kecenderungan mendapat ide yang sangat banyak untuk membuat bermacam-macam FF, tapi tidak ada yang selesai 

TBC To Be Continued 

Teaser Sepotong kecil cerita yang di-post untuk membuat pembaca tertarik dan membaca FF itu secara keseluruhan 

Tribute Sekumpulan FF, lagu, puisi atau hal-hal lain yang dimaksud untuk penghormatan terhadap seseorang 


U
UberFic
 FF yang sangat panjang, atau sangat populer


V
Virtual Season  biasanya kerja kolaborasi untuk membuat sebuah seri FF, dari seri yang sedang ditunda pembuatannya, atau sudah tidak diproduksi lagi. 

Vignette  FF pendek, tidak lebih dari 3000 kata


W
WAFF Warm and Fuzzy Feeling FF yang berakhir bahagia, dan membuat pembacanya merasa hangat (Warm) dan ‘melayang’ (Fuzzy) 

WIP Work In Progress FF yang di-post sebagian demi sebagian karena masih dalam tahap pengerjaan/belum selesai

Whump rasa sakit pada fisik atau emosi dalam sebuah karakter favorit


X
XO X/O Istilah untuk Crossover

Y
Yaoi Istilah lain untuk Slash. Yaoi dipergunakan untuk fic yang berkecenderungan melukiskan adegan s*x, eksplisit maupun implisit, sedang jika fic-nya leih berkecenderungan untuk melukiskan roman antartokoh, disebut shounen-ai

Yuri Istilah untuk Slash antar wanita, sama dengan yaoi, yang berkecenderungan untuk roman disebut shojo-ai.




Credit fromlenren

0 komentar:

Posting Komentar